KPPN Banjarmasin

Home Profil Upaya dan Inovasi

Sunday20 August 2017

Upaya dan Inovasi

 1.      Penghargaan

Dalam rangka memberikan motivasi kepada satuan kerja untuk mengelola anggaran negara secara profesional dan akuntabel dengan memberikan penghargaan kepada Satker/Bank terbaik atas penyampaian Laporan Keuangan, Penyerapan Anggaran Tertinggi, dan Penyampaian Laporan oleh Bank/Pos Persepsi yang disampaikan kepada KPPN sebagai BUN di daerah. Penghargaan ini diserahkan pada saat sosialisasi dengan mengundang seluruh stakeholder dengan maksud memberikan tekanan publik yang kuat terhadap prestasi yang diraihnya;

2.      Locker

Menyediakan locker untuk para pegawai dan Karyawan KPPN Banjarmasin, fasilitas ini digunakan untuk menyimpan barang-barang milik pegawai selama melaksankan tugas dan memberikan pelayanan kepada stakeholder dalam rangka menjaga kebersihan, keamanan, keindahan dan kenyamanan dalam pelayanan.

3.      Komunikasi

Menjalin komunikasi yang intensif dan berkualitas pada level pimpinan bersama pelaksana pada setiap hari Senin pukul 07.45 WITA diadakan monday meeting yang dipimpin langsung oleh Kepala Kantor. Kegiatan dilakukan dalam rangka evaluasi kinerja dan kegiatan yang harus diselesaikan dalam satu minggu kedepan.

Gugus Kendali Mutu yang dilaksanakan setiap hari Rabu yang dimulai pukul 16.00 WITA s.d. selesai,  dengan materi aturan baru, hasil sosialisasi/bimtek dan rapat koordinasi

Rapat Pimpinan yang dilakukan setiap Senin sore yang dimulai pukul 16.00 WITA s.d. selesai, yang membahas sinkronisasi antar Seksi, evaluasi kinerja yang sudah dilakukan dan rencana kerja satu minggu kedepan.

4.      Service Excellence

Untuk meningkatan pelayanan kepada stakeholder KPPN Banjarmasin membekali para pegawai dan tenaga keamanan secara khusus dengan memberikan motivasi dan kegiatan pelatihan Service Excellence bekerja sama dengan Bank BRI sebagai motivator para pegawai dan petugas keamanan khususnya petugas FO, CSO agar mampu memberikan pelayanan yang baik/ memuaskan terhadap stakeholder yang dilayani.

5.      Bimbingan Spritual

Bimbingan spiritual bagi seluruh pegawai KPPN termasuk anggota keluarga dengan melaksanakan pengajian rutin yang dijadualkan satu bulan sekali setiap hari Minggu, dalam rangka memupuk keimanan untuk meningkatkan semangat kerja yang bernilai ibadah.

6.      Motivational Achievment

Kegiatan ini dilaksanakan pada waktu-waktu tertentu untuk meningkatkan kepercayan dan kerjasama dalam memberikan pelayanan kepada stakeholder

7.      Family Gathering

Family Gathering dilaksanakan sekali dalam satu tahun untuk membangun kebersamaan dan kekeluargaan sehingga terjalin rasa persaudaraan dalam satu wadah organisasi keluarga besar KPPN Banjarmasin

8.      Kesehatan

Dalam rangka upaya peningkatan kesehatan, setiap ada waktu yang luang pada hari Jumat pagi/sore selalu menyempatkan untuk berolah raga bersama, misalnya bermain Volly atau Futsal bagi anak-anak muda.
Kegiatan Olahraga ini juga sering dilakukan bersama mitra kerja, dengan cara bertandang secara bergantian dengan tetap menjunjung tinggi integritas.
Upaya peningkatan kesehatan pegawai yang dilakukan menyediakan poliklinik, dokter dan perawat. Kunjungan dokter ke poliklinik KPPN Banjarmasin dilakukan sebanyak 4 (empat) kali dalam 1 (satu) bulan atau satu minggu sekali pada setiap hari Jum’at, memberikan pelayanan kesehatan berupa pemeriksaan pasien, pemberian obat dan konsultasi kesehatan kepada para pegawai KPPN Banjarmasin.

9.      Memancing

Dalam melayani satuan kerja yang beraneka ragam dibutuhkan tingkat kesabaran yang tinggi, untuk itu KPPN Banjarmasin berupaya untuk melatih kesabaran stafnya dengan kegiatan memancing.  Kegiatan ini disamping diikuti oleh Pejabat dan Staf KPPN Banjarmasin juga diikuti oleh Kepala Kanwil Ditjen. Perbendaharaan Prov.Kalsel beserta Ibu dengan menggunakan perahu yang langsung dikemudikan oleh Beliau.



 

Inovasi yang telah dan terus dilakukan untuk meningkatkan kualitas pelayanan berupa kecepatan  penyelesaian pekerjaan, kecepatan informasi, kenyamanan diruang tunggu telah dilakukan, namun KPPN Banjarmasin tidak berhenti untuk senantiasa berinovasi.
Seiiring dengan diterapkannya Nilai Nilai Kementerian Keuangan dan Kinerja Bernilai oleh Direktorat Jenderal Perbendaharaan maka KPPN Banjarmasin berupaya untuk membangun budaya bermartabat dan peningkatan kualitas perbendaharaan.
Untuk lebih detail dapat kami sampaikan sebagai berikut :


1.    Membangun budaya bermartabat

Menjadi PNS adalah suatu pilihan bagi kita untuk mengabdi dan berbakti untuk ibu pertiwi, disamping hal tersebut sebagai aparat yang menerima gaji dari rakyat, KPPN Banjarmasin berupaya untuk menyampaikan pesan dan kesan kepada masyarakat  melalui satuan kerja yang dilayani  bahwa KPPN Banjarmasin akan selalu bekerja keras demi masyarakat agar supaya masyarakat bisa bangga membayar pajak, adapun hal yang dilakukan untuk itu adalah :

a. Komitmen seluruh Pegawai

Seluruh pegawai di kantor percontohan KPPN Banjarmasin berkomitmen untuk selalu menjadi contoh (change agent) dan menggunakan anggaran tidak untuk kepentingan pribadi

b. Berdisiplin

Disiplin merupakan kebanggan bagi KPPN Banjarmasin karena dengan berdisiplin maka penyelesaian pekerjaan akan lebih tepat waktu dan pelayanan menjadi prima. Adapun disiplin yang kita lakukan adalah menjaga jam pelayanan selalu ontime (membuka layanan mulai jam 8 dan memberlakukan shifting pada jam istirahat), menyampaikan laporan tepat waktu dan selalu hadir 2 menit sebelum acara dimulai.

c.  Integritas

Semua kegiatan yang kita lakukan seperti pembinaan mental (pengajian, peringatan hari besar keagamaan) dan olah raga (futsal, volly dan sebagainya) serta memancing dalam rangka melatih kesabaran dengan biaya sendiri.

2.    Peningkatan kualitas Perbendaharaan

Sampai saat ini belum ada standarisasi pejabat pengelola keuangan di satuan kerja dalam hal pengetahuan perbendaharaan,  banyak pejabat yang ditunjuk tanpa dibekali pengetahuan perbendaharaan, sehingga kegiatan rutinitas hanya untuk tanda tangan. Untuk mengatasi hal-hal tersebut, KPPN Banjarmasin secara khusus melakukan kegiatan monitoring dan evaluasi penyerapan anggaran satuan kerja yang realisasinya rendah untuk dilakukan  sosialisasi/bimtek di Aula/ Mini TLC sesuai kebutuhan satuan kerja berkenaan.

Add comment


Security code
Refresh