Otomotif

Cara Merawat Motor Baru Agar Tetap Awet

pilihan tepat oli samping terbaik

Saat ini, membeli motor sangatlah mudah. Terlebih adanya sistem kredit yang meringankan para pembeli. Setelah mendapatkan motor baru, yang harus dilakukan adalah merawat motor supaya kondisi tetap prima dan menghindari kerusakan mayor di kemudian hari. Memilih pilihan tepat oli samping terbaik adalah salah satu cara merawat mesin motor. Pakai oli dengan kualitas yang bagus sehingga mesin menjadi tahan lama. Selain memilih oli dengan kualitas yang bagus, tips merawat motor di bawah ini dapat membantu Anda merawat motor baru. Mari simak poin-poin di bawah ini.

  1. Membawa barang sesuai kapasitas motor. Membawa barang yang melebihi kapasitas motor dapat membuat motor Anda cepat rusak. Tekanan pada ban akan bertambah dan kinerja mesin terkuras akibat membawa beban tersebut. Beban maksimal motor yaitu sekitar 120 – 130 kg. Pastikan Anda tidak membawa barang melebihi beban maksimal tersebut karena dapat memberatkan kerja shockbreaker
  2. Rutin membersihkan motor. Jika Anda ingin mencuci motor, pakailah sampo khusus motor supaya hasilnya lebih maksimal. Gunakan sikat yang lembut dan kecil untuk menjangkau celah-celah motor. Membersihkan motor bukan hanya untuk menjaga penampilan motor saja, tapi juga untuk menghindari motor menjadi karatan. Terlebih saat musim hujan tiba. Kandungan asam yang ada pada air hujan dapat menimbulkan karat pada komponen yang terbuat dari besi.
  3. Pakai bahan bakar yang bagus. Seringkali, pemilik motor asal dalam memilih bahan bakar. Padahal, pemilihan bahan bakar sangat berpengaruh terhadap kinerja motor. Pilihlah bahan bakar beroktan tinggi di atas 90 untuk mencegah kerak bekas bensin pada injector. Dengan memakai bahan bakar beroktan tinggi, mesin akan terasa lebih halus karena pembakaran yang sempurna.
  4. Panaskan motor sebelum dipakai. Memanaskan mesin motor sebelum digunakan sangat dianjurkan supaya mesin dapat bekerja dengan optimal. Panaskan selama lima menit hingga motor hangat dan meningkat secara perlahan. Jangan terlalu lama memanaskan motor karena akan membuang-buang bahan bakar. Oli akan tersirkulasi dengan baik ke seluruh komponen saat proses ini dilakukan. Sehingga, mesin motor menjadi lebih awet.
  5. Jangan sering parkir di ruang terbuka. Kebiasaan sering parkir motor yang langsung terpapar oleh sinar matahari dapat membuat warna pada badan motor terlihat memudar. Selain itu, sinar matahari dapat menyebabkan retakan pada speedometer. Cari tempat parkir yang lebih teduh. Sehingga, saat cuaca panas tidak terpapar langsung sinar matahari dan saat hujan tidak terkena air hujan. Dengan begitu, motor menjadi lebih tahan lama dan tetap prima.

Merawat motor baru tidak sulit, bukan? Rawatlah motor Anda sehingga Anda tidak perlu mengeluarkan biaya lebih untuk memperbaiki komponen yang rusak. Semoga bermanfaat, ya!

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.