Informasi

Cek 5 Istilah Penting Berikut dalam Cek Resi Online

lacak paket

Dalam pengiriman barang dengan berbagai ekspedisi, ada beberapa istilah yang harus Anda ketahui agar memudahkan dalam melakukan cek resi online. Pasalnya sebagian orang masih belum mengetahuinya sehingga cukup kesulitan ketika harus melacaknya.

5 Istilah Penting dalam Cek Resi Online

Ketika orang-orang memilih untuk melakukan lacak paket secara online, maka mereka diharuskan memahami apa saja istilah yang biasanya digunakan. Tentu saja hal seperti ini harus wajar dipahami sehingga informasi mengenai status pengiriman juga dapat tersampaikan dengan jelas.

  1. AU (Antar Ulang) dan AU to Ops

AU (Antar Ulang) diartikan bahwa paket yang sedang dikirim tengah diproses untuk dilakukan antar ulang. Hal ini dikarenakan barang tersebut tidak terikut pada pengiriman hari sebelumnya. Kondisi ini memang sudah biasa terjadi sehingga mengharuskan mengikuti ekspedisi di waktu berikutnya.

Sementara AU to Ops diartikan bahwa paket Anda sedang diserahkan dari bagian untuk menangani masalah kiriman kepada operasional untuk ikut diantar ulang. Kondisi ini pun biasanya dikarenakan oleh hal serupa seperti pada poin sebelumnya lantaran tidak terikut di pengiriman pada hari itu juga.

  1. BA (Bad Address) dan Box Delay

BA atau biasa dikenal dalam dunia pengiriman paket diartikan sebagai Bad Address dan sayangnya juga sering dialami oleh banyak orang. Kondisi ini menunjukkan ketika alamat tujuan yang tertera dalam barang memang kurang lengkap dan jelas sehingga menyulitkan kurir ketika hendak mengirimkannya.

Sementara Box Delay menunjukkan bahwa paket yang sedang Anda tunggu tengah disimpan di jasa ekspedisi namun tidak segera dikirimkan ke alamat tujuan. Kondisi ini dikarenakan lokasi lengkap penerima memang cukup sulit ditemukan sehingga sehingga harus menunggu konfirmasi dari pengirim.

  1. CC (Criss Cross) dan Closed Once Delivery Attempt

CC atau Criss Cross merupakan suatu keadaan untuk menunjukkan alamat yang tertera pada paket ternyata tidak sama dengan nomor pengiriman. Hal ini biasanya dikarenakan terjadi bakar tertukar oleh pemilik lainnya. Tentu saja kondisi ini umumnya dikarenakan oleh kesalahan dari pihak jasa ekspedisi.

Sementara Closed Once Delivery Attempt menunjukkan bahwa kurir telah mengantarkan paket sesuai dengan alamat tujuan namun di lokasi tersebut tidak ditemukan orang sama sekali sebagai pemiliknya. Kondisi ini biasanya dikarenakan ketika pemilik rumah sedang berada di luar atau lainnya.

  1. CNEEE Unknown (Consignee Unkown) Delivered

Istilah Consignee Unknown menunjukkan bahwa paket sudah diantarkan menuju alamat tujuan namun pemilik rumah atau kantor bukan sesuai seperti yang ada di dalam nomor resi. Kurir pun akhirnya bingung apakah harus menyampaikan barang tersebut atau tidak lantaran alasan keamanan barang.

Selanjutnya status yang bertuliskan Delivered menunjukkan bahwa paket telah sampai ke tempat tujuan dengan selamat dan aman. Namapenerimapun juga disertakan sehingga terasa aman bagi siapapun menerimanya. Selain itu beberapa jasa ekspedisi pun melampirkan bukti foto penerimaannya.

  1. Delivery Time, Departed from Transit dan HO (Hand Over)

Status berupa Delivery Time menunjukkan mengenai waktu pengiriman tertentu dari jasa ekspedisi menuju kota tujuan. Sementara tulisan Departed from Transit diartikan bahwa paket yang sedang Anda tunggu tengah berada di tempat transit.

Status HO (Hand Over) menunjukkan ketika paket sedang diserahkan kepada pihak lain unuk kembali diteruskan kepada agen pihak ekspedisi. Tujuannya agar lebih dekat dengan alamat tujuan penerima demi meminimalkan jarak transportasi.

Cek resi sudah sangat mudah untuk Anda lakukan. Salah satunya yakni melalui Shipper yang dapat Anda kunjungi secara irealtime. Selain itu juga menyediakan ekspedisi, mulai dari JNE, RPX, SiCepat, TiKi, J&T, Wahana, Ninja, Lion Parcel, Xpress, DPEX, Go-Send, Grab Express, Paxel, SAP, POS Indonesia.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *