Sport

Jadwal Race MotoGP 2021 Live Trans7: Tanpa Sengaja Quartararo Sudah Depak Vinales dari Yamaha

Jadwal MotoGP 2021, di mana akhir pekan ini tidak memiliki agenda balapan, Minggu (18/7/2021). Seri ke 10 MotoGP 2021 bertajuk MotoGP Styria baru akan terhampar pada, Minggu (8/8/2021) di Sirkuit Red Bull Ring, Austria pukul 19.00 WIB. Seri MotoGP Styria 2021 dapat gp mania saksikan melalui siaran langsung Trans7 maupun liv streaming Usee TV dan Fox Sports via Vidio.com.

Situasi tak menyenangkan dialami oleh Maverick Vinales di tim Monster Energy Yamaha membuat banyak kalangan bersuara. Satu di antaranya ialah legenda MotoGP, Jorge Lorenzo. Ia menilai bahwa secara tanpa sengaja, Fabio Quartararo telah menendang Maverick Vinales dari tim pabrikan Yamaha tersebut. Kerja sama Vinales dengan Yamaha dipastikan akan selesai pada akhir musim 2021, setahun lebih cepat dari kontrak yang sudah disepakati.

Alasannya, Vinales merasa tidak mampu mengeluarkan potensi penuhnya bersama pabrikan Jepang itu. Di sembilan balapan pertama MotoGP 2021, Vinales baru sekali menang dan sekali finis runner up. Sisanya, Vinales kurang konsisten bahkan pernah finis di posisi paling belakang (19) pada balapan di Sachsenring, Jerman.

Alhasil, Maverick Vinales hanya menempati peringkat keenam klasemen dengan perolehan 95 poin tertinggal 61 poin dari Quartararo di puncak. Padahal Quartararo sedang menjalani musim perdananya di Yamaha usai menghabiskan dua musim sebelumnya di tim satelit Petronas SRT. Namun, Quartararo menghasilkan performa ciamik usai mengantongi empat kemenangan dan dua kali naik podium ketiga.

Rider Prancis itu tak pelak menjadi kandidat juara terkuat di akhir musim, yang berpotensi memberikan gelar pertama Yamaha sejak diraih Lorenzo pada 2015. Faktor inilah yang membuat Quartararo tanpa disadari telah 'menendang' Vinales. Lorenzo berpendapat bahwa Top Gun julukan Vinales merasa kalah saing dengan Quartararo yang notabene nya ialah 'anak baru'. "Maverick sudah memberikan segalanya untuk juara dengan Yamaha, tapi untuk sebuah alasan atau yang lain dia tidak sukses," ucap Lorenzo, seperti yang dikutip dari laman Motosan.

"Sudah pasti memiliki seorang rekan setim seperti Quartararo, yang rata rata di depan dia, tidak mudah ditangan dari sudut pandang psikologis, dan kupikir hal itu sangat membebani dia." "Dia sudah tentu berpikir bahwa dia itu seorang pebalap yang mampu merebut gelar juara dunia dan sudah mencoba banyak cara selama bertahun tahun dengan Yamaha," lanjut juara dunia MotoGP tiga kali itu. Boleh dikatakan, dengan 10 seri balapan yang tersisa, Vinales akan tampil matia matian untuk memberikan bukti kepada Yamaha.

Namun bukan perkara yang mudah untuk Top Guna dapat menyaingi performa Quartararo. Satu di antara masalah utama memang konsistensi yang dimiliki Maverick Vinales. 28 Maret GP Qatar, Sirkuit Losail April GP Doha, Sirkuit Losail

18 April GP Portugal, Sirkuit Portimao Mei GP Spanyol, Sirkuit Jerez 16 Mei GP Prancis, Le Mans

30 Mei GP Italia, Sirkuit Mugello Juni GP Catalunya, Sirkuit Catalunya 20 Juni GP Jerman, Sachsenring

27 Juni GP Belanda, Sirkuit Assen Agustus GP Styria Red Bull Ring 15 Agustus GP Austria, Red Bull Ring

29 Agustus GP Inggris, Sirkuit Silverstone 12 September GP Aragon, Sirkuit Aragon 19 September GP San Marino, Sirkuit Misano

Oktober GP Amerika Serikat , Sirkuit of The Americas 17 Oktober GP Thailand, Sirkuit Chang 24 Oktober GP Malaysia, Sirkuit Sepang

November GP Portugal, Sirkuit Portimao 14 November GP Valencia, Sirkuit Ricardo Tormo Seri Ditunda

11 April (belum ada waktu pengganti) GP Argentina, Sirkuit Termas de Rio Hondo Disclaimer: Jadwal MotoGP 2021 dapat berubah sewaktu waktu.(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *