Metropolitan

Kebakaran di Tambora, Warga Temukan Alquran di Dalam Lemari Masih Utuh

Kebakaran melanda rumah di Jalan Krendang Kincir, RT 007/ RW 05, Kelurahan Krendang, Tambora, Jakarta Barat, Jumat (15/10/2021). Seorang warga, Sahlan (48) mengatakan dua buah Alquran yang tersimpan di dalam lemari pakaian masih utuh meski rumahnya sudah rata dengan tanah akibat kebakaran. Pascakebakaran, Sahlan memeriksa kondisi rumah yang hangus terbakar. Malam harinya ia menyusuri sudut rumahnya dan berharap masih ada harta benda yang bisa diselamatkan.

Namun pandangan matanya itu tertuju kepada Alquran miliknya berada di lantai rumah dalam kondisi utuh. Sementara harta benda lainnya yang berada di rumah sudah menjadi abu. "Mungkin ini diijabah. Dilindungi lah istilahnya," ujar Sahlan, di lokasi, Sabtu (16/10/2021). Dua buah Alquran miliknya tersebut masih tampak utuh pascakebakaran dan masih dapat dibaca meski setiap sudut lembarnya terlihat gosong. Sahlan menceritakan saat kejadian kebakaran, dirinya sedang bekerja di proyek bangunan tak jauh dari lokasi. Alhasil ia pun langsung menuju rumah saat melihat asap hitam membumbung.

"Setelah Ashar kemarin, saya lagi kerja. Di situ nggak jauh kerja bangunan. Lihat asap dari atas genteng saya langsung lari," katanya. Sahlan pun berusaha mencari keberadaan anak dan istrinya. Beruntung keluarga kecilnya bisa selamat tanpa luka saat musibah kebakaran. Selain itu, mertua maupun dua ponakannya yang tinggal serumah juga bisa selamat dari amukan si jago merah.

Meski begitu, Sahlan mengaku akibat musibah kebakaran tersebut juga telah menghanguskan celengannya yang berisi uang jutaan rupiah yang telah tersimpan lama di dalam lemari. "Nggak gede sih, kalau makan buka celengan gitu, ada sejuta mah," ungkapnya. Ditambah lagi empat unit televisi keluarganya yang tinggal serumah juga habis terbakar. Hanya tersisa harta benda yang melekat di badan saja akibat musibah kebakaran.

Ia berharap pemerintah membantu pembangunan rumah para korban kebakaran agar mereka bisa kembali tinggal di tempat tersebut dengan layak. "Mudah mudahan lah dibantu untuk meringankan beban," tutur Sahlan. Kasi Operasi Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Jakarta Barat Sjukri Bahanan mengatakan ada puluhan rumah yang terbakar di tiga RT di RW 05 Kelurahan Krendang. "72 Unit Rumah Tinggal, 100 KK, 235 Jiwa," kata Sjukri, Jumat (15/10/2021).

Sjukri menjelaskan pihaknya mengerahkan 27 unit mobil pemadam kebakaran dengan kekuatan 130 personel dalam musibah yang diduga terjadi akibat korsleting listrik tersebut. (jhs)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *