Regional

Kisah Penjual Amplop di Kantor Pos Solo, Kembalikan Uang Rp 16 Juta yang Berceceran di Jalan 

Kejujuran Desi Natalia, seorang wanita penjual amplop di Kantor Pos Kota Solo ini layak diacungi jempol. Ini menjadi bukti kalau masih ada orang jujur di dunia. Bagaimana tidak, di tengah keterbatasan apalagi tengah dihimpit pandemi, Desi mengembalikan uang Rp 16,5 juta yang ditemukannya berceceran di jalan.

Apalagi, suami warga Kampung Losari RT 06 RW 01 Kelurahan Semanggi, Kecamatan Pasar Kliwon itu, Anton Margono, hanya penarik becak dengan gaji tak menentu. Ternyata ada alasan yang bikin iri, kenapa Desi mengembalikan uang yang dia temukan di jalanan dibanding menggunakan sebagai kebutuhan pribadi. Meskipun secara pendapatan, tidak berlebih alias pas pasan.

"Makanya saya harus kembalikan uang uang Itu yang memang bukan hak saya itu uang," katanya. Saat itu dia menemukan uang di Jalan Flores Kampung Baru, tidak jauh dari kawasan dia berjualan amplop di depanKantorPosSolo, Jalan Jenderal Sudirman. "Saya menemukan uang tersebut pada hari Rabu (5/7/2021)," kata dia.

Atas aksinya, sosok Desi pun mencuri perhatian, karena masih ada orang jujur, meskipun hampir semuanya membutuhkan materi di tengah tercekiknya pandemi. Namun uang yang ditemukan Desi berjumlah Rp 16,5 juta saja. Ia pun menceritakan detail kronologi ketika dirinya hendak berangkat bekerja di kawasan kantor pos.

"Saya berangkat kerja naik motor, sesampai di sekitaran kantor pos saya menemukan ada uang berserakan,” ujar dia. Tak tanggung tanggung nominal yang Desi temukan di pagi hari ternyata sampai berjumlah Rp 16 Juta kurang lebih. "Tidak ditaruh plastik atau dikeresek, itu gepokan seratus ribuan dan lima puluh ribuan saya temukan di jalanan," ujarnya.

"Pecahan Rp 100 ribuan yang Rp 50 ribuan tersebut masih dikareti dan dikasih kertas kecil," paparnya. Adapun lokasi tepat Desi menemukan uang tersebut tepat di kawasan Jalan Flores, Kelurahan Kampung Baru, Kecamatan Pasar Kliwon. “Sempat ragu karena lokasinya agak tidak sesuai dan strategis dengan yang viral di ICS, kan laporannya di Slamet Riyadi,” paparnya.

Ia mendunga uang tersebut milik warga yang akan ditukar menjadi uang baru. "Kaget perasaannya, masih pagi pukul 06.00 WIB ada uang berceceran terus takut dan panik, kata saya ini uang siapa," ujarnya. "Campur aduk juga soalnya itu uangnya terlihat asli dan terlihat uang lama gitu bukan uang jeger yang baru yang gepokan," tambahnya.

Sesuai dirinya menemukan uang tersebut. di jalan ia sampaikan dirinya tengah melanjutkan jualannya. "Saya pungut dan saya simpan di tas dan melanjutkan kerjaan sambil bingung mau buat woro woro," ujarnya. “Mau mengembalikan tapi bingung ke siapa wong tidak ada identitasnya,” ujarnya.

Selama dirinya berjualan ia mengaku belum membuat woro woro akan tetapi dirinya menunggu orang yang datang ke sekitar kawasan tersebut. "Dari pagi sampai sore saya nunggu di sekitaran jalan itu, siapa tahu ada yang mencari ya tapi ya tidak ada yang datang," ujarnya. Desi mengaku sampai tidak berjualan angkringan pada sore itu dan meneduh kehujanan di kawasan kantor pos tersebut.

“Sampai hujan reda menjelang magrib pun tidak ada yang ke sini,” ujarnya. Akhirnya dirinya memutuskan untuk pulang dan mencoba mencari informasi di grup Facebook. "Kebetulan saya pulang habis maghrib setelah pulang makan, mandi saya buka Facebook," ujarnya.

"Saya penasaran terus buka HP dan benar melihat ada kehilangan Facebook di ICS ada warga yang mengeluhkan postingan kehilangan uang Rp 20 Juta," paparnya. "Terus saya telepon yang melaporkan kehilangan uangRp 20 Juta itu saya telpon itu mas Bagus yang mencantumkan kontak di postingan tersebut," ujarnya. Berikut postingan akun bernama Den Bagus di @infocegatansolodansekitarnya:

Mohon acc min…info kalau ada yang menemukan uang sejumlah 20 jt jatug dari Serengan (Jl Vetaran) Jl Yos Sudarso Kl Slamet Riyadi Mohon informasinya bisa hub 0878054000447/081329761979…bila ada yg menemukan ada imbalannya…Terima kasih… Setelah dirinya melakukan pengecekan nominal, bentuk yang dan bukti rekapan dirinya meminta Febri dan Bagus untuk datang ke rumah. "Meskipun sempat takut, akhirnya uang bisa kembali ke pemiliknya," tuturnya.

Ia sampaikan alasan dirinya takut dikarenakan jumlah nominal uang tersebut tidak sesuai dengan laporan yang di laporkan di Facebook. "Kan laporannya Rp 20 juta tapi pas dihitung kemarin tidak sampai Rp 20 juta," ungkapnya. Dirinya mengaku telah meminta maaf kepada orang yang datang ke rumah karena ditakutkan pihak pelapor menyangka Desi telah mengambil sebagian uang itu.

"Mohon maaf itu uangnya kurangnya dari segitu, saya tidak mengambil sepeserpun mungkin yang lain bercecer di mana saya kurang paham," katanya. Setelah dirinya berhasil mengembalikan uang kepada sang pemilik dirinya mengaku lega dan mendapatkan beberapa balasan. "Adalah Alhamdulillah ya pokonya ala kadarnya, saya berterima kasih kepada mas Febri dan mas Bagus," ujarnya

"Tidak berharap balasan saya semata mata hanya ingin menolong orang kesusahan," aku dia menekankan. Tak selang berapa lama kembali ada posting : Manusia berhati malaikat…Terima kasih Mba Desi dan keluarga sudah menemukan uang tersebut….Dan ciri ciri sesuai…Matur suwun sedoyo sederek Info Cegatan Solo…Mohon maaf untuk postingan sebelumnya saya hapus…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *