Sport

Klasemen MotoGP 2021 – Sanksi atas Insiden Quartararo di MotoGP Catalunya Dinilai Terlalu Lembek

Berikut klasemen MotoGP 2021, di mana pembalap Monster Energy Yamaha, Fabio Quartararo masih memimpin perburuan gelar juara dunia. Fabio Quartararo saat ini mengumpulkan 156 poin berkat empat kemenangan dan enam kali podium. Ia unggul 34 poin dari peringkat kedua yang dihuni Johann Zarco dari Pramac Ducati.

Sedangkan posisi tiga hingga lima masing masing dihuni oleh Francesco Bagnaia (109), Joan Mir (101) dan Jack Miller (100). Meskipun demikian, Paolo Ciabatti selaku Direktur Olahraga Ducati itu menyebut Fabio Quartararo seharusnya hanya unggul 24 angka saja dari Johann Zarco. Mengapa ia bisa berpendapat demikian?

Alasannya menurut Ciabatti, hukuman ataupun sanksi yang diberikan oleh otoritas keamanan MotoGP kepada Quartararo pada insiden MotoGP Catalunya dinilai terlalu ringan. Quartararo menyita perhatian ketika pelindung dadanya tak lagi berada di tempatnya saat balapan masih berjalan, tepatnya tiga putaran lagi. Pembalap asal Prancis itu mengatakan bahwa pelindung dadanya terlepas sendiri dan jaketnya tidak dapat ditutup sehingga bagian dadanya terbuka sampai melintasi garis finis.

Race director kemudian memberi hukuman kepada Fabio Quartararo berupa hukuman penalti 3 detik sebanyak dua kali. Sehingga, total hukuman penalti Quartararo mencapai 6 detik. Kedua hukuman tersebut terdiri dari pelanggaran yang dilakukan Quartararo dengan memotong tikungan 1 dan 2 saat sedang berduel dengan Johann Zarco.

Adapun penalti tiga detik berikutnya sebagai imbas dari lepasnya pelindung dada pembalap berjuluk El Diablo tersebut. Akibat hukuman penalti 6 detik itu, Quartararo yang semula finis di urutan ketiga jadi turun tiga setrip dan cuma mendapat 10 poin. Walhasil, keputusan tersebut sejauh ini masih menjadi bahasan hangat.

Dengan perburuan gelar juara dunia yang makin sengit, pihak Ducati mengklaim bahwa sanksi yang diberikan kepada Quartararo dinilai terlalu lunak. Paolo Ciabatti menilai bahwa Quartararo semestinya mendapat hukuman bendera hitam alias black flag "Meskipun saya tidak populer dengan pernyataan ini, saya harus menyebutkan bahwa Fabio beruntung tidak menerima bendera hitam di GP Catalunya karena ritsleting terbuka," terangnya Ciabatti, dikutip dari laman Motosan.

"Hukuman dua kali adalah hukuman ringan. Bagaimanapun, para pengurus (Race Director) mengakui sehari setelah balapan bahwa bendera hitam juga dibenarkan. Saya tidak ingin mengeluh, tetapi pada akhirnya Fabio finis ketiga dan kemudian dihukum untuk tempat keenam." "Dia mendapat sepuluh poin untuk tempat keenam, yang merupakan hasil yang baik baginya hari itu untuk kejuaraan. Karena setelah bendera hitam dia akan kehabisan poin." Jika Quartararo saat itu mendapatkan hukuman black flag, praktis, rider berjuluk El Diablo itu tak bakal memiliki poin sama sekali di MotoGP Catalunya.

Hasilnya, saat ini jika dikalkulasikan, Johann Zarco hanya tertinggal 24 poin alias senilai raihan satu kali podium utama. Fabio QUARTARARO Yamaha FRA 156 Johann ZARCO Ducati FRA 122

Francesco BAGNAIA Ducati ITA 109 Joan MIR Suzuki SPA 101 Jack MILLER Ducati AUS 100

Maverick VIÑALES Yamaha SPA 95 Miguel OLIVEIRA KTM UNTUK 85 Aleix ESPARGARO Aprilia SPA 61

Brad BINDER KTM RSA 60 10 Marc MARQUEZ Honda SPA 50 11 Takaaki NAKAGAMI Honda JPN 41

12 Pol ESPARGARO Honda SPA 41 13 Franco MORBIDELLI Yamaha ITA 40 14 Alex RINS Suzuki SPA 33

15 Alex MARQUEZ Honda SPA 27 16 Enea BASTIANINI Ducati ITA 27 17 Danilo PETRUCCI KTM ITA 26

18 Jorge MARTIN Ducati SPA 23 19 Valentino ROSSI Yamaha ITA 17 20 Luca MARINI Ducati ITA 14

21 Iker LECUONA KTM SPA 13 22 Stefan BRADL Honda GER 11 23 Lorenzo SAVADORI Aprilia ITA 4

24 Michele PIRRO Ducati ITA 3 25 Tito RABAT Ducati SPA 1 26 Garrett GERLOFF Yamaha USA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *