Pendidikan

Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 3 Halaman 3 4 5 6 7 8 Tematik Subtema 1 Pembelajaran 1

Berikut kunci jawaban Tema 5 Kelas 3 SD halaman 3 4 5 6 7 8 Subtema 1 Pembelajaran 1 Buku Siswa Tematik Terpadu Kurikulum 2013 edisi revisi 2018. Buku Tematik Kelas 3 Tema 5 edisi revisi 2018 mengusung judul Cuaca dengan subtema 1 berjudul Keadaan Cuaca . Kunci jawaban ini ditujukan kepada orang tua atau wali sebagai pedoman dalam mengoreksi hasil belajar anak.

Udara malam sehabis hujan terasa lebih dingin. Udin melanjutkan aktivitas dengan belajar. Ayo, kita bantu Udin menyelesaikan soal soal berikut ini. Tuliskan keadaan cuaca berdasarkan gambar di bawah ini! Jika diurutkan dari atas:

1. Mendung 2. Cerah 3. Hujan

4. Cerah berawan 5. Berawan ***

Cuaca dapat berubah sewaktu waktu. Terkadang cerah, berawan, mendung, atau hujan. Di bawah ini adalah simbol simbol cuaca. Amati baik baik.

Amati cuaca selama lima hari. Lengkapi tabel di bawah ini. Gunakan simbol cuaca. Tergantung keadaan cuaca di sekitar tempat tinggal peserta didik. Misal:

Cuaca apa yang sering terjadi di daerahmu lima hari ini yakni Cerah *** Tuliskan informasi yang kamu ketahui tentang keadaan cuaca sesuai dengan simbolnya.

Gunakan kalimat yang baik dan mudah dimengerti. Cerah Cuaca cerah ini ditandai dengan matahari yang bersinar cerah, langit terang, awan yang ada di langit jumlahnya sangat sedikit, udara terasa hangat.

Berawan Sinar matahari sering tertutup oleh awan yang ada di langit. Awan yang tebal menyebabkan langit menjadi agak gelap.

Cuaca berawan ini biasanya menandakan bahwa hujan akan turun di hari tersebut. Hujan Cuaca hujan terjadi di mana terjadi jatuhnya titik titik air ke permukaan bumi.

*** Ayo Berlatih A. Mengenal pecahan sederhana, Mengenal pecahan setengah, sepertiga, seperempat, dan seperenam.

Perhatikan potongan kue A dan B di halaman 6. Kue A 1. Satu dibagi 2 bagian yang sama. 2. Nilai tiap bagian satu per dua atau seperdua. 3. Yang diarsir 1 dari 2 bagian, nilainya 1 per 2 atau seperdua. 4. Lambang pecahan seperdua adalah 1/2. 5. 1 disebut pembilang dan 2 disebut penyebut.

Kue B 1. Satu dibagi 4 bagian yang sama. 2. Nilai tiap bagian satu per empat atau seperempat. 3. Yang diarsir 1 dari 4 bagian, nilainya 1 per 4 atau seperempat. Lambang pecahan seperempat adalah 1/4. 4. 1 disebut pembilang dan 4 disebut penyebut. Tulislah lambang pecahan untuk soal di bawah ini. 1. Berapa bagian pizza yang sudah dimakan Udin?

1/4 2. Siti senang makan buah apel. Ia ingin membaginya pada Lani dan Dayu. Berapa bagiankah buah apel dipotong agar Siti, Lani, dan Dayu mendapat bagian yang sama? 1/3

3. Ibu menyediakan satu roti panjang untuk sarapan pagi keluarga. Roti utuh ini dipotong menjadi 4. Setiap anggota keluarga akan mendapat berapa bagian roti? 1/4 4. Saat udara panas, makan buah jeruk terasa menyegarkan. Beni ingin membagi jeruknya pada Edo. Dari satu buah jeruk, Beni dan Edo akan mendapat berapa bagian?

1/2 5. Lani membawa kue bulan ke sekolah. Lani ingin membaginya untuk 4 orang. Satu bagian diberikan untuk Lani, Siti, Udin, dan Beni. Berapa bagian kue kah yang didapatkan setiap teman? 1/4

6. Siti berulang tahun. Dia ingin berbagi martabak manis aneka rasa untuk teman teman di kelas. Satu loyang martabak dipotong untuk 8 orang. Berapa bagian martabak untuk setiap orang? 1/8 Artikel ini hanya ditujukan kepada orang tua untuk memandu proses belajar anak.

Soal di atas sebagian besar berupa pertanyaan terbuka. Artinya, ada beberapa jawaban alternatif lainnya yang tidak terpaku seperti di atas. Artikel ini merupakan bagian dari KG Media. Ruang aktualisasi diri perempuan untuk mencapai mimpinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *