Nasional

Mendagri Minta Elemen Masyarakat Gencarkan Vaksinasi

Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian meresmikan program ‘Ayo Vaksin’ yang digagas oleh organisasi Gerakan Pecinta Sosial (GPS). Tito berpesan agar elemen masyarakat berperan aktif membantu program pemerintah untuk menggelar vaksinasi. "Program vaksinasi ini tentunya tidak bisa dilakukan oleh salah satu sektor (pemerintah) saja, baik itu pemerintah pusat, daerah saja dengan lembaganya. Apakah cukup? No," ujar Tito melalui keterangan tertulis, Sabtu (9/10/2021).

"Ada yang mengatakan tenaga kesehatan, kalau saya bilang itu bukan. Apakah aparat keamanan? juga bukan. Tapi juga harus dilakukan oleh masyarakat sebagai frontliner," tambah Tito. Vaksinasi ini adalah upaya pemerintah untuk meningkatkan herd imunity dari penyebaran Covid 19 di masyarakat. Menurutnya, elemen masyarakat harus bisa jadi bagian terdepan agar jangan sampai virus Covid 19 itu menular ke masyarakat lainnya.

"Ini menunjukkan bahwa masyarakat sudah ikut bermain. Dimana peran masyarakat sangat aktif, bukan hanya karena diajak oleh pemerintah," tutur Tito. Mantan Kapolda Metro Jaya ini berharap kegiatan seperti ini bisa direplikasi oleh ormas atau gerakan masyarakat lainnya di berbagai daerah. “Saya dengar GPS ini dari elemen masyarakat yang ada di Kalimantan Barat, why not, bagus dan tidak ada masalah. Karena ini mendorong program percepatan vaksinasi," ucap Tito.

Meski begitu, dirinya berharap tidak hanya Jakarta saja, tetapi seluruh Indonesia masyarakatnya bisa bergerak untuk vaksinasi. Sementara itu dalam kesempatan yang sama Ketua Umum Gerakan Pecinta Sosial (GPS), Irjen Pol (purn) Hamidin menjelaskan gerakan ‘Ayo Vaksin’. Gerakan ini, kata Hamidin, diinisiasi oleh berbagai tokoh masyarakat dalam rangka membantu pemerintah untuk menangani dan menurunkan penyebaran Covid 19.

“Ini sebetulnya sudah berjalan lama, tidak hanya di masa pandemi, tapi masyarakat Kalimantan Barat yang terdiri dari berbagai forum itu sudah terlibat di berbagai banyak kegiatan sosial. Misalnya pembangunan tempat ibadah, seperti masjid, klenteng, gereja dan lain sebagainya," ujar Hamidin. Mantan Deputi Bidang Kerjasama Internasional BNPT ini menjelaskan pada saat masa pandemi sekarang ini masyarakat Kalimantan Barat berkumpul, untuk kita membantu masyarakat Jakarta dan sekitarnya. Utamanya masyarakat perantauan yang dari Kalimantan Barat dalam mencegah menyebarnya pandemi Covid 19 ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *