Nasional

Mendikbudristek Nadiem: 173.329 Guru Honorer Diangkat Jadi PPPK, Hasil Seleksi Akses di Website Ini

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek), Nadiem Makarim mengumumkan sebanyak 173.329 guru honorer lulus formasi pada ujian pertama dan akan diangkat manjadi Guru Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK). Hal itu disampaikan Nadiem dalam Pengumuman Hasil Seleksi Kopempetensi Guru ASN PPPK yang disiarkan kanal Kemendikbud RI, Jumat (8/10/2021). "Di ronde pertama dari 322.665 formasi yang dilamar oleh guru, 173.329 formasi tersebut telah terpenuhi," kata Nadiem.

"Jadinya dengan ronde pertama baru saja ronde pertama ini, 173.329 guru honorer akan diangkat menjadi PPPK," tambahnya. Nadiem pun mengatakan, bahwa dalam ronde pertama penerimaan PPPK ini telah terisi formasi sebesar 53,7 persen. Ia pun menyebut, bahwa lulusnya 173.329 guru honorer menjadi PPPK ini merupakan historis yang membanggakan bagi Bangsa Indonesia.

"Saya mengucapkan selamat yang sebesar besarnya kepada yang 173.328 guru honorer yang sekarang sudah mendapatkan formasi, yang akan diangkat menjadi PPPK," ucap Nadiem. Sementara, Nadiem menjelaskan bagi guru honorer yang tidak lolos seleksi formasi pertama ini, tak perlu khawatir. Pasalnya, pemerintah akan membuka kesempatan lagi bagi guru honorer yang tidak lulus formasi untuk ikut test pada ronde kedua dan ketiga pada tahun ini.

"Dan bagi yang tidak lolos passing grade dan formasi, jangan khawatir. Karena bisa mengambil tesnya lagi di tahun ini. Kalau mau tapi kalau butuh waktu untuk belajar lebih lama bisa juga tahun depan," kata Nadiem. "Jadinya setiap guru honorer di berikan tiga kesempatan untuk mengambil tes seleksi jadinya bisa memberikan jangka waktu untuk belajar, belajar, belajar dan mencoba lagi," jelasnya. Hasil seleksi bisa diakses melalui website yang akan ditampikan pada pukul 12.00 WIB, siang ini.

Peserta Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) yang telah melaksanakan Seleksi Kompetensi Dasar dapat mengecek hasil seleksinya secara online. Pada tahun ini pihak penyelenggara tes SKD sudah tidak menyediakan lagi papan pengumuman maupun monitor hasil SKD di depan ruangan ujian. Nilai hasil tes SKD ditampilkan secara live streaming pada masing masing kanal YouTube resmi Kantor Regional ataupun Unit Pelayanan Teknis (UPT) BKN di berbagai wilayah lokasi tes SKD.

Mengutip dari , Badan Kepegawaian Negara (BKN) menggantikan papan atau layar monitor pengumuman dengan live scoring SKD, sebagai upaya untuk menghindari adanya kerumunan selama masa pandemi Covid 19. Para peserta CPNS dapat mengecek hasil seleksi live score di kanal atau link YouTube masing masing Kanreg atau UPT BKN tempat lokasi ujian SKD. Hasil nilai SKD peserta CASN juga dapat di download melalui laman BKN dalam bentuk sertifikat sebagai berikut:

1. Pertama buka laman 2. Masukkan NIK KTP Anda 3. Kemudian masukkan nomor ujian peserta SKD.

4. Pilih tipe seleksi SPNS atau PPPK 5. Lalu klik 6. Sertifikat secara otomatis terdownload dalam bentuk file JPG.

Peserta juga perlu mengetahui besaran passing grade /nilai ambang batas yang harus dipenuhi peserta agar dapat dinyatakan lolos SKD CPNS dan PPPK 2021 berikut ini: Menurut , nilai ambang batas (passing grade) kelulusan SKD resmi ditetapkan sebagai berikut: 1. Formasi umum

TWK: 65 TIU: 80 TKP 166

2. Formasi kebutuhan khusus atau disabilitas TIU: 60 Total nilai SKD 286

3. Formasi khusus cumlaude TIU: 85 Total nilai SKD 311

4. Formasi khusus diaspora TIU: 85 Total nilai SKD 311

5. Formasi khusus putra/putri Papua dan Papua Barat TIU: 60 Total nilai SKD: 286

6. Formasi kebutuhan umum Dokter TIU: 80 Total nilai SKD: 311

7. Formasi kebutuhan umum ABK, Rescuer, dan Pengamat Gunung Api TIU: 70 Total nilai SKD: 286

A. Jabatan Fungsional Guru Menurut , berikut passing grade untuk seleksi PPPK Guru 2021: Seleksi Kompetensi Teknis: (terlampir)

Nilai kumulatif maksimal: 500 Seleksi Kompetensi Manajerial dan Sosial Kultural: 130 Nilai kumulatif maksimal: 200

Wawancara: 24 Nilai kumulatif maksmial: 40 B. Jabatan Fungsional

Menurut , berikut passing grade untuk seleksi PPPK 2021: Seleksi Kompetensi Teknis: (terlampir) Nilai kumulatif maksimal: 450

Seleksi Kompetensi Manajerial dan Sosial Kultural: 130 Nilai kumulatif maksimal: 200 Wawancara: 24

Nilai kumulatif maksmial: 40 Sistem CAT SKD CPNs dan PPPK kini memiliki fitur baru yang mengharuskan peserta wajib menyetujui pernyataan untuk tidak menyebarkan soal soal SKD yang diberikan. Pihak panselnas akan mendiskualifikasi peserta yang terbukti menyebarkan soal soal baik dengan sengaja maupun tidak sengaja.

Hal tersebut dilakukan agar pelaksanaan tes dapat terlaksana tanpa ada kecurangan sedikit pun. Pihak BKN akan mengacak ribuan soal secara berkala sehingga setiap peserta mendapat tipe soal yang berbeda. Jangan terpengaruh dengan soal soal SKD yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda menemukan ada kecurangan dan penyebaran soal CPNS dan PPPK, segera laporkan tindakan Field Report tersebut dengan mengisi aduan pada link .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *