Superskor

Rindukan Xhaka, Petkovic: Saatnya Swiss Makin Bersatu Kalahkan Spanyol di Euro 2021

Pelatih Swiss, Vladimir Petkovi memberikan komentarnya soal absennya Granit Xhaka dalam laga krusial melawan Spanyol di babak perempat final Euro 2021. Sebagaimana diketahui bahwa Xhaka yang berstatus sebagai kapten Swiss dipastikan akan melewatkan laga melawan Spanyol. Absennya Xhaka disebabkan hukuman skorsing yang didapatkan pemain Arsenal buntut dari kartu kuning melawan Prancis.

Swiss tentu dirugikan dengan situasi dimana mereka harus kehilangan Xhaka dalam laga penting melawan Spanyol. Hal ini mengingat Xhaka menjadi pilar tak tergantikan dalam skuat Swiss lantaran statusnya sebagai kapten tim. Jiwa kepemimpinan, gairah permainan, dan daya juang yang dimiliki Xhaka akan dirindukan oleh rekan setimnya di atas lapangan.

Selain itu, Xhaka memiliki kualitas luar biasa sebagai salah satu gelandang terbaik dalam gelaran Euro 2021. Akurasi umpan panjang dan terobosan yang ia miliki menjadi hal yang berpeluang hilang dalam diri Swiss jumpa Spanyol. Menyikapi berbagai kerugian tersebut, Petkovic menegaskan Xhaka akan tetap ada dalam timnya namun dengan peran berbeda.

Petkovic pun menyebut ketidakhadiran Xhaka justru menjadi kesempatan bagi timnnya untuk bisa semakin bersatu sebagai satu kesatuan tim. Modal kesatuan tersebut diharapkan bisa menjadi senjata terbesar untuk menyingkirkan Spanyol sekaligus mengamankan tiket semifinal Euro 2021. "Kami pasti akan merindukan pemain seperti Xhaka, tetapi apa yang ingin saya lihat melawan Spanyol adalah semua orang akan memberikan kekuatan lebih banyak," harap Petkovic.

"Para pemain tidak hanya akan menggantikan perannya, tetapi juga akan berusaha saling membantu untuk mengalahkan Spanyol,". "Kami ingin terus melaju dengan tetap menaruh segala hormat untuk lawan kami," jujurnya. Petkovic menambahkan timnya hanya perlu merasa lapar untuk meraih kesuksesan guna bisa terus bertahan di turnamen Euro 2021.

Rasa tidak puas akan membuat Swiss tetap akan tampil dalam performa terbaiknya untuk memenangkan pertandingan. "Kami harus merasa lapar untuk bisa lolos ke fase berikutnya, mulai saat ini saya pun tidak bisa mengatakan sudah puas," akui Petkovic. "Bagi saya tentu langkah berikutnya akan terasa selalu penting,".

"Kami ingin lolos ke babak berikutnya, sekalipun kami akan menghadapi salah satu tim favori, Spanyol," tukasnya menambahkan. Jika menelisik perjalanan Swiss dalam gelaran Euro 2021, Xhaka dan Petkovic memang menjadi dua pria yang mendapatkan sorotan paling banyak. Sebagaimana misal Xhaka yang memiliki kontribusi dan pengaruh nyata bagi permainan serta daya juang Swiss.

Kehadirannya mengawali lini tengah membuat kekuatan yang dimiliki Swiss tak bisa dipandang remeh. Antusiasme dan passion yang dimiliki Xhaka terlihat sangat cocok dengan kepribadian milik Petkovic. Laga melawan Prancis menjadi bukti betapa harmonisnya dua pria tersebut.

Terlebih bagi Xhaka yang tampak sangat emosional setelah berhasil membantu Swiss menyingkirkan Prancis dari babak 16 besar Euro 2021. Dan ketidakhadiran Xhaka akan menjadi ujian tersendiri bagi Swis kala berhadapan dengan Spanyol di Stadion Kretovsky, Rusia, Jumat (2/7/2021). Keseruan laga antara Swiss vs Spanyol dapat anda saksikan secara langsung Mola TV dan RCTI mulai pukul 23.00 WIB.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *